At-Tahririyah


Mensuritauladani Akhlaqul Karimah Baginda Habibillah Rasulillah Muhammad SAW., Meneruskan Perjuangan Salafush Sholih, Terdepan Dalam Berilmu dan Beragama serta Mampu Menghadapi Tantangan Zaman

UNIT PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AT-TAHRIRIYAH


3. SEKOLAH MENENGAh kejuruan

E. SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) AL-BAHARY

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) AL-BAHARY merupakan pengejawantahan dan aktualisasi dari kepedulian Pondok Pesantren dalam ikut serta memberikan pendidikan dan pengetahuan tentang kesehatan kepada masyarakat. Semakin minimnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk tetap hidup sehat menjadai salah satu alasan mengapa SMK. AL-BAHARY harus eksis di tengah dinamika dan persaingan pendidikan yang ada.

KURIKULUM

Kurikulum yang diimplementasikan adalah Kurikulum 13 (K-13) yang telah dielaborasi dengan beberapa kemampuan tambahan yang berhubungan dengan pengembangan nilai-nilai pengetahuan agama peserta didik. Karena dalam pengimplemtasiannya terdapat perubahan kebijakan pendidikan sehingga dalam pelaksanaannya terdapat kelas yang menggunakan KTSP dan kelas yang menggunakan K 13

TENAGA PENGAJAR/GURU

Tenaga pengajar SMK. AL-BAHARY merupakan tenaga pengajar yang telah mempunyai Kualifikasi Strata 1 (S-1) yang linier dengan kebutuhan pembelajaran sehingga skill dan kompetensinya memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta didik. Di samping itu, terdapat tenaga pengajar produktif yang akan memberikan spesifikasi pengetahuan siswa sesuai dengan kompetensi dan bidang kejuruan yang dipilih.

PROGRAM KEJURUAN

SMK. AL-BAHARY mempunyai dua program kejuruan yang memnjadi prioritas utama yaitu Bidang Keperawatan dan Farmasi. Dengan harapan, lulusan SMK. AL-BAHARY menjadi peserta didik yang mampu menjawab tantangan dan merespon perubahan terutama dalam bidang kesehatan. Dalam rencana jangka panjang, tidak menutup kemungkinan SMK AL-BAHARY akan mampu mengembangkan progam kejuruan lainnya sesuai dengan minat bakat serta kearifan lokal yang ada.

UNIT PENDIDIKAN NON FORMAL

Dalam rangka memberikan pendidikan yang seimbang terhadap peserta didik, maka Pondok Pesantren At-Tahririyah (PPA) juga menyelenggarakan unit pendidikan non-formal yang terdiri dari:

A. MADRASAH DINIYAH RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN TINGKAT ULA

KURIKULUM

Adapun kurikulum yang diimplementasikan merupakan kurikulum Kolaboratif, perpaduan antara kurikulum Pondok Pesantren Sidogiri dan kurikulum yang telah dikembangkan oleh Tim Penyusun Kurikulum Pondok Pesantren At-Tahririyah. Adapun mata pelajaran yang diajarkan adalah Fiqih, Tauhid, Fasholatan dan Bahasa Arab.

ORIENTASI LULUSAN

Peserta didik mampu mengahafal surat-surat pendek dan doa-doa, menulis Arab dan pego dengan baik dan benar.

B. MADRASAH DINIYAH RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN TINGKAT WUSTHA

KURIKULUM

Adapun kurikulum yang diimplementasikan merupakan kurikulum Kolaboratif, perpaduan antara kurikulum Pondok Pesantren Sidogiri dan kurikulum yang telah dikembangkan oleh Tim Penyusun Kurikulum Pondok Pesantren At-Tahririyah. Adapun mata pelajaran yang diajarkan adalah Fiqih, Nahwu, Tauhid, Sharraf, Tarikh dan Akhlaq.

ORIENTASI LULUSAN

Peserta didik mampu membaca, menterjemah dan memahami kitab pembelajaran

C. MADRASAH DINIYAH RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN TINGKAT ULYA

KURIKULUM

Adapun kurikulum yang diimplementasikan merupakan kurikulum Kolaboratif, perpaduan antara kurikulum Pondok Pesantren Sidogiri dan kurikulum yang telah dikembangkan oleh Tim Penyusun Kurikulum Pondok Pesantren At-Tahririyah. Adapun mata pelajaran yang diajarkan adalah Fiqih, Nahwu, Tafsir dan Hadits, Ushul Fiqh, dan Kaidah Fiqhiyah.

ORIENTASI LULUSAN

Peserta didik mampu memahami dan mengaktualisasikan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari dan mampu mencari penetahuan tambahan dari referensi lain yang relevan.