At-Tahririyah


Mensuritauladani Akhlaqul Karimah Baginda Habibillah Rasulillah Muhammad SAW., Meneruskan Perjuangan Salafush Sholih, Terdepan Dalam Berilmu dan Beragama serta Mampu Menghadapi Tantangan Zaman

PROGRAM UNGGULAN PONDOK PESANTREN AT-TAHRIRIYAH


1. T3Q (TARTIL, TAHSIN DAN TAHFIDZUL QUR’AN)

T3Q adalah program unggulan yang sudah terintegrasi satu dengan lainnya. Program unggulan yang bertujuan untuk memberikan kompetensi qurani yang komprehensif dengan memadukan tiga unsur kompetensi yaitu membaca Al-Qur’an dengan TARTIL, membaca Al-Qur’an dengan menfokuskan pada kebenaran dan tata cara membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan makharijul hurufnya. Kemudian dengan TAHSIN, diharapkan peserta didik tidak hanya mampu membaca tapi juga berorientasi kepada salah satu fungsi Al-Qur’an sebagai firman Allah yang tertulis. Sedangkan kompetensi yang terakhir merupakan program TAHFIDZ, menghafal Al-Qur’an dan menjadikan Alqur’an sebagai satu-satunya way of life. T3Q merupakan program unggulan tertua yang diselenggarakan di Pondok Pesantren At-tahririyah. Keberadaannya merupakan jawaban dari tantangan masyarakat terhadap pondok pesantren dalam rangka mampu mencetak generasi qur’ani. Generasi yang berlandaskan pada Al-Qur’an. Dari waktu ke waktu, pondok pesantren terus melakukan inovasi dalam upaya mempermudah dan mempermudah peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an mulai dari metode tradisional sampai dengan metode konvensional baik yang sifatnya mandiri ataupu adaftif. Misalkan saja, Pondok Pesantren At-Tahririyah telah melakukan kerja sama dengan salah satu lembaga pendidikan Tahfidz di daerah Jombang Jawa Timur. Yaitu metode mengahal A-Qur’an dengan Metode TIQRAR. Merupakan salah satu upaya mempertahankan komitmen Pondok Pesantren untuk terus melakukan pengembangan pendidikan yang inovatif.


2. METODE CEPAT MEMBACA KITAB (AMTSILATI)

Program Pendalaman Kitab kuning merupakan salah satu program unggulan sebagai salah satu ciri khas ilmu pengetahuan berbasis kepesantrenan. Kompetensi peserta didik dalam hal pendalaman kitab kuning menjadi sebuah barometer dan tolak ukur tersendiri untuk mengukur keberhasilan sebuah pondok pesantren. Dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca kita kuning, pondok pesantren At-Tahririyah melakukan kerjasama institutif dengan Pondok Pesantren Al_Falah Bangsri Jepara dibawah asuhan KH. Taufikul Hakim. Mulai tahun 2012 Pondok Pesantren At-tahririyah mengimplementasikan metode ini dan alhasilnya peserta didik lebih mudah dan cepat dalam membaca dan memahami Kitab Kuning.