At-Tahririyah


Mensuritauladani Akhlaqul Karimah Baginda Habibillah Rasulillah Muhammad SAW., Meneruskan Perjuangan Salafush Sholih, Terdepan Dalam Berilmu dan Beragama serta Mampu Menghadapi Tantangan Zaman

Kenali kami
  Kembali ke halaman berita

Virus Komputer

Virus komputer adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang, ketika dijalankan, mereplikasi dirinya sendiri dengan memodifikasi program komputer lain dan memasukkan kode sendiri. Ketika replikasi ini berhasil, daerah yang terkena kemudian dikatakan "terinfeksi" dengan virus komputer. Penulis virus menggunakan penipuan teknik sosial dan mengeksploitasi pengetahuan terperinci tentang kerentanan keamanan untuk menginfeksi sistem dan menyebarkan virus. Sebagian besar virus menargetkan sistem yang menjalankan Microsoft Windows, menggunakan berbagai mekanisme untuk menginfeksi host baru, [8] dan sering menggunakan strategi anti-deteksi / stealth yang kompleks untuk menghindari perangkat lunak antivirus. Motif untuk menciptakan virus dapat mencakup mencari keuntungan (misalnya, dengan ransomware), keinginan untuk mengirim pesan politik, hiburan pribadi, untuk menunjukkan bahwa kerentanan ada dalam perangkat lunak, untuk sabotase dan penolakan layanan, atau hanya karena mereka ingin menjelajahi masalah keamanan dunia maya, kehidupan buatan dan algoritma evolusioner.

Virus komputer saat ini menyebabkan kerusakan ekonomi miliaran dolar setiap tahun, karena menyebabkan kegagalan sistem, membuang-buang sumber daya komputer, merusak data, meningkatkan biaya pemeliharaan, dan lain-lain. Sebagai tanggapannya, alat antivirus open source gratis telah dikembangkan, dan industri perangkat lunak antivirus telah memangkas, menjual, atau mendistribusikan perlindungan virus ke pengguna berbagai sistem operasi dengan mudah. ​​Pada 2005, meskipun tidak ada perangkat lunak antivirus yang ada saat ini yang mampu mengungkap semua virus komputer (terutama yang baru), peneliti keamanan komputer secara aktif mencari cara baru untuk mengaktifkan solusi antivirus agar dapat mendeteksi virus yang muncul secara lebih efektif, sebelum mereka menjadi lebih luas. didistribusikan. 

Istilah "virus" juga biasa, tetapi keliru, digunakan untuk merujuk ke jenis malware lainnya. "Malware" mencakup virus komputer bersama dengan berbagai bentuk perangkat lunak berbahaya lainnya, seperti komputer "worm", ransomware, spyware, adware, trojan horses, keyloggers, rootkit, bootkit, Browser Helper Object berbahaya (BHOs), dan perangkat lunak berbahaya lainnya. Mayoritas ancaman malware aktif sebenarnya adalah program trojan horse atau cacing komputer daripada virus komputer. Istilah virus komputer, diciptakan oleh Fred Cohen pada tahun 1985, adalah keliru.  Virus sering melakukan beberapa jenis aktivitas berbahaya pada komputer host yang terinfeksi, seperti perolehan ruang hard disk atau waktu pemrosesan pusat (CPU), mengakses informasi pribadi (misalnya, nomor kartu kredit), merusak data, menampilkan pesan politik atau humor pada layar pengguna, mengirim spam ke kontak e-mail mereka, mencatat keystroke mereka, atau bahkan membuat komputer tidak berguna. Namun, tidak semua virus membawa "beban" yang merusak dan berusaha menyembunyikan diri mereka sendiri — karakteristik virus yang menentukan adalah bahwa mereka adalah program komputer yang mereplikasi diri sendiri yang memodifikasi perangkat lunak lain tanpa persetujuan pengguna.