At-Tahririyah


Mensuritauladani Akhlaqul Karimah Baginda Habibillah Rasulillah Muhammad SAW., Meneruskan Perjuangan Salafush Sholih, Terdepan Dalam Berilmu dan Beragama serta Mampu Menghadapi Tantangan Zaman

PROFIL PONPES AT-TAHRIRIYAH


Pondok Pesantren At-Tahririyah (PPA) merupakan Pondok Pesantren yang terletak di JL. KH. Tahrir 157 Desa Pangpajung Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur. Lokasi Pondok Pesantren At-tahririyah berada di pesisir pantai yang tenang dan sejuk serta jauh dari keramaian, sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan efektif, efisien dan kondusif.

 

Mengingat letak geografis yang strategis (tepat di sebelah jalan utama jalur selatan Pulau Madura) dan akses yang mudah dijangkau dari berbagai penjuru menjadikan Pondok Pesantren At-tahririyah (PPA) sebagai institusi yang potensial untuk melakukan program-program pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kearifan lokal (local wisdom) yang menjadi tuntutan masyarakat sekitar dan global.  

 

Pondok Pesantren At-Tahririyah (PPA) berdiri sejak tahun 1963 dengan membawa visi misi terstruktur dan jelas baik dalam bidang sosial, kemasyarakatan dan keagamaan. Pada bidang sosial, Pondok Pesantren At-Tahririyah (PPA) telah menyelenggarakan unit pendidikan formal dan non-formal. Pendidikan formal mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang berafiliasi di bawah naungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berafiliasi di bawah naungan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik).

 

Adapun Pendidikan Non-Formal yang dikembangkan adalah Pendidikan Madrasah Diniyah mulai jenjang Ula, Wustha dan Ulya dengan mengkombinasikan serta mengkolaborasikan kurikulum dari beberapa Pondok Pesantren Jawa Timur yang menjadi sumber rujukan beberapa Pondok Pesantrena pada umumnya misalkan saja Kurikulum Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.

 

Sehingga secara umum, materi pendidikan yang diimplementasikan di Pondok Pesantren At-Tahririyah (PPA) dilaksanakan dengan menggunakan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. Kedua kurikulum tersebut disatukan menjadi kurikulum yang integratif yang satu dengan yang lainnya mempunyai nilai korelatif dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Pendidikan dilaksanakan dan dikembangkan dengan menekankan pada perkembangan sain-teknologi (science and technology development) dan agama Islam secara terpadu dan seimbang. Selain itu, penanaman pendidikan karakter dalam setiap unit dan jenjang pendidikan yang ada, selalu menjadi prioritas utama agar peserta didik tidak hanya cerdas intelektual saja, namun juga cerdas secara spiritual.

 

Dalam usaha melakukan langkah inovatif, Pondok Pesantren At-Tahririyah (PPA) telah menyediakan lingkungan yang aman, nyaman dengan variasi metode serta strategi pembelajaran, dari metode tradisional menjadi metode konvensional yang berbasiskan pada PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efisien dan Menyenangkan) yang tidak berorientasi pada student-oriented tapi lebih pada process-oriented sehingga peserta didik lebih termotivasi untuk meningkatkan daya saing, berfikir kritis, kreatif dan etis dalam pembelajaran. Di samping itu, aktivitas belajar mengajar tidak hanya difokuskan di dalam kelas saja tapi peserta didik juga diberi kesempatan untuk melakukan proses pembelajaran di luar kelas (out-door learning) yang akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan unik bagi peserta didik.

 

Pondok Pesantren At-Tahririyah (PPA) dalam program pendidikannya juga mendukung pertumbuhan sosial dan emosional para peserta didik. Nilai pelayanan kepada masyarakat yang lebih luas dilakukan melalui beberapa biro jasa dan kegiatan sosial yang mencakup seni, kegiatan keagamaan dan pelayanan kesehatan masyarakat. Dalam bidang seni, masyarakat telah memanfaatkan Jam’iyah Shalawat Al-Habsyi dan Gambus dalam acara-acara kemasyarakatan. Sedangkan dalam kegiatan keagamaan, Pondok Pesantren At-Tahririyah melaksanakan program Majelis Dzikir & Manakib Syaikh Abdul Qodir Al-Jilani RA yang dilaksanakan 1 bulan sekali dan program rutin Triwulan yang diprakarsai oleh OSIS Terpadu MTs, MA dan SMK. Sedangkan dalam bidang pelayanan masyarakat, Pondok Pesantren At-Tahririyah (PPA) mempunyai Klinik Syifa’ Al-Mubarok sebagai salah satu upaya pengabdian dan pelayanan kesehatan terhadap santri dan masyarakat pada umumnya.